Kamis, 07 Oktober 2021

Analisis Terhadap Pelayanan Prima Instansi/Perusahaan/Rumah Sakit/Badan

 

STANDAR PELAYANAN PRIMA R.S. AL-ISLAM BANDUNG

Pada dasarnya pelayanan adalah kegiatan yang ditawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada  masyarakat atau konsumen yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Adapun standar pelayanan prima yaitu pelayanan yang dapat memenuhi dan sesuai dengan kepuasan pelanggan, sehingga dalam pelayanan prima ada dua elemen penting yang bisa memuaskan pelanggan yaitu, pelayanan dan kualitas.

Paradigma pelayanan prima adalah better, faster, newer, cheaper, and more simple. Yaitu pemberian mutu pelayanan prima dibangun dengan TQM (Total Quality Management). TQM berusaha memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara berkesinambuangan atas mutu barang, jasa, manusia, dan lingkungan organisasi.

Perusahaan yang diamati sebagai objek analisis yaitu R.S. Al-Islam Bandung merupakan rumah sakit milik Yayasan RSI KWSI Jawa Barat, yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta No. 644 Bandung, Indonesia. Memiliki visi yaitu menjadi rumah sakit yang unggul, terpercaya, dan islami dalam pelayanan dan pendidikan.

Adapun standar-standar pelayanan prima yang dilakukan dan diterapkan oleh R.S. Al-Islam Bandung yaitu :

1.    Kemampuan (Ability)

Meliputi kemampuan dalam bidang kerja yang ditekuni sangat menunjang untuk program pelayanan prima. Dalam kemampuan ini R.S. Al-Islam menerapkan standar pelayanan prima yaitu :

Þ  Kehandalan petugas yaitu memiliki keterampilan dalam memberikan dan menyelanggarakan pelayanan kepada pasien. Karena apabila kemampuan dan keterampilan kurang akan memberikan pelayanan yang kurang terhadap para pelanggan/pasien.

Þ  Keterampilan yang dimiliki dokter dan perawat menjadikan penentu kepuasan pelanggan.

Þ  Ketanggapan karyawan yang memenuhi kebutuhan pasien akan pelayanan yang diinginkan. Karena kesigapan dan pelayanan yang baik merupakan suatu aspek yang mempengaruhi penilaian pasien.

 

2.    Sikap (Attitude)

Yaitu perilaku melayani pelanggan dengan berfikir positif, sehat dan logis serta melayani pelanggan dengan sikap menghargai. Dalam standar pelayanan R.S. Al-Islam menerapkan standar yaitu :

Þ  Melayani  tanpa pilih-pilih yaitu melayani tanpa melihat ekonomi, jabatan, suku dan ras.

Þ  Melayani pelanggan dengan ramah, sopan dan santun serta menghargai pelanggan.

Þ  Memberdayakan pasien, yaitu dengan menawarkan jenis layanan dan fasilitas yang dapat digunakan oleh pasien untuk menyelesaikan persoalan.

 

3.    Penampilan (Appearance)

Penampilan seseorang, baik yang bersifat fisik maupun non fisik yang mampu merefleksikan kepercayaan diri dan kredibilitas dari pihak lain. R.S. Al-Islam memiliki ciri khas tersendiri dalam penampilan yaitu :

Þ  Bagi karyawan wanita wajib menggunakan hijab. Sehingga lebih terlihat rapih dan agamis.

Þ  Untuk pegawai pria harus berambut pendek, dan rapih.

Þ  Setiap hari tertentu menggunakan sergam yang berbeda beda, misalnya hari jumat menggunakan batik sehingga tidak  membuat bosan para pasien dan orang yang berkepentingan di rumah sakit.

Þ  Setiap divisi menggunakan seragam yang berbeda-beda, sehingga membuat pelanggan tahu bahwa divisi satu dengan yang lainnya berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

 

 

 

 

4.    Perhatian (Attention)

Kepedulian penuh terhadap pelanggan baik yang berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan dan keinginan pelanggan maupun pemahaman atas saran dan kritiknya. R.S. Al-Islam memberikan perhatian terhadap pasiennya yaitu :

Þ  Mengutamakan pasien, yaitu pasien dijadikan prioritas pelayanan yang dimana untuk memudahkan dan menjadikan nyaman terhadap pelanggan (pasien).

Þ  Melayani pasien dengan semangat memberi, yaitu memberikan sesuatu dengan ikhlas tanpa imbalan dengan memberikan perhatian yang lebih terhadap pasien.

 

5.    Tindakan (Action)

Berbagai kegiatan nyata yang harus di lakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Tindakan yang dilakukan R.S. Al-Islam sebagai pelayanan prima yaitu :

Þ  Menyapa dan memberi salam pada pasien ataupun orang yang berkepentingan di rumah sakit.

Þ  Cepat dan tanggap dalam bertindak terhadap pasien.

Þ  Pegawai yang ramah terhadapan pasien.

Þ  Mendahulukan pasien gawat darurat dan melayaninya semaksimal mungkin.

 

6.    Tanggung Jawab (Accountability)

Suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai wujud kepedulian untuk menghindarkan atau menimbulkan kerugian atau ketidak puasan pelanggan. R.S. Al-Islam memiliki pelayanan tanggung jawab yaitu :

Þ  Memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami.

Þ  Memberikan pelayanan yang adil terhadap semua pihak.

Þ  Memberikan pelayanan kesehatan yang aman terhadap pasien dan pelanggan.

Þ  Melaksanakan fungsi sosial dengan memberikan pelayanan yang adil baik pasien yang kurang mampu ataupun yang mampu.




Sumber Referensi: https://www.rsalislam.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

AULIA BLOG !! Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang