1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pemasaran Holistik !
Jawaban :
Pemasaran holistik yaitu konsep yang menekankan nilai
penting adanya keterkaitan semua aspek dalam perusahaan serta menjadikan semua
program, progres dan aktivitas menjadi bagian dari aktivitas pemasaran.
“ the holistic marketing concept is based on the
development, design, and implementation of marketing programs, process, and
activities that recognizes their breadth and interdependencies. Holistic
marketing recognices that ‘everything matters’ with marketing, and that a
broad, integrated perspective is often necessary “
Konsep ini melangkahkan lebih jauh lagi dari sekedar
memuaskan pelanggan dan memperhatikan lingkungan masyarakat. Bahwa perusahaan
memiliki pemangku kepentingan lain yang harus dipuaskan. Perusahaan harus bisa
menjalin hubungan baik tidak hanya kepada konsumen serta kepada lingkungan
masyarkat, namun juga menjalin hubungan baik dengan karyawannya, pemasok,
pemerintah, serta mitra kerja.
2. Amati
sebuah unit bisnis dilingkungan anda. Sebutkan unit bisnisnya ! Menurut anda
apakah mereka melakukan konsep pemasaran Holistik ? berikan penjelasan!
Jawaban :
Sebuah unit bisnis yang berada
dilingkungan saya adalah DIMENSIONS.CO yang dimana saya sendiri merupakan owner
dari bisnis tersebut. Bisnis tersebut merupakan bisnis yang bergerak dibidang
clothing. DIMENSIONS.CO sendiri sejauh ini sudah melakukan beberapa konsep /
integritas pemasaran holistik diantaranya yaitu :
Ø
Social
Responsibility Marketing
DIMENSIONS.CO pernah
mengadakan CSR untuk menarik perhatian konsumen salah satunya menjadi donatur
sebuah acara kemasyarakatan dengan menyumbang dana dan produk DIMENSIONS.CO
alhasil respon masyarakat pun antusias dan mendapatkan respon yang positif.
Ø
Relationship
Marketing
Pada relationship
marketing DIMENSIONS.CO menggunakan cara seperti open reseller dengan itu akan
tercipta peluang usaha yang cukup besar, dan lebih cepat mendapatkan
keuntungan. Pada awalnya bisnis yang saya jalani sendirian kini memiliki
reseller kurang lebih 5 orang yang saya percayai. Terbukti dengan konsep
Relationship Marketing bisnis menjadi lebih maju.
Ø
Integrated
Marketing
DIMENSIONS.CO lebih banyak menjual produknya secara
offline ketimbang online dengan itu pemasaran, komunikasi, dan menyampaikan
nilai produk menjadi lebih mudah ketimbang online. Tidak hanya itu produk kita
juga bisa dilihat secara langsung oleh konsumen apabila penjualan secara
offline, dan DIMENSIONS.CO juga memiliki kualitas yang bagus tidak kalah dengan
brand yang lainnya.
Ø
Internal Marketing
Dalam internal marketing DIMENSIONS.CO memotivasi para
karyawannya dengan cara reseller yang menjual baju terbanyak akan mendapat
potongan harga retail. Dengan cara seperti itu akan memotivasi para reseller untuk
berlomba lomba menjual baju sebanyak banyak
nya.
Daftar Pustaka :
Premanto, Gancar Candra
(2010), Menuju Organisasi Spiritual, Warta Unair.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane
(2006), Marketing Management, 12nd edition, Pearson Education, New
Jersey.
0 komentar:
Posting Komentar