Selasa, 05 Januari 2021

MANAJEMEN PEMASARAN MENGENAI PEMASARAN HOLISTIK

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemasaran Holistik !

Jawaban :

Pemasaran holistik yaitu konsep yang menekankan nilai penting adanya keterkaitan semua aspek dalam perusahaan serta menjadikan semua program, progres dan aktivitas menjadi bagian dari aktivitas pemasaran.

“ the holistic marketing concept is based on the development, design, and implementation of marketing programs, process, and activities that recognizes their breadth and interdependencies. Holistic marketing recognices that ‘everything matters’ with marketing, and that a broad, integrated perspective is often necessary “

Konsep ini melangkahkan lebih jauh lagi dari sekedar memuaskan pelanggan dan memperhatikan lingkungan masyarakat. Bahwa perusahaan memiliki pemangku kepentingan lain yang harus dipuaskan. Perusahaan harus bisa menjalin hubungan baik tidak hanya kepada konsumen serta kepada lingkungan masyarkat, namun juga menjalin hubungan baik dengan karyawannya, pemasok, pemerintah, serta mitra kerja.

 

2.      Amati sebuah unit bisnis dilingkungan anda. Sebutkan unit bisnisnya ! Menurut anda apakah mereka melakukan konsep pemasaran Holistik ? berikan penjelasan!

Jawaban :

Sebuah unit bisnis yang berada dilingkungan saya adalah DIMENSIONS.CO yang dimana saya sendiri merupakan owner dari bisnis tersebut. Bisnis tersebut merupakan bisnis yang bergerak dibidang clothing. DIMENSIONS.CO sendiri sejauh ini sudah melakukan beberapa konsep / integritas pemasaran holistik diantaranya yaitu :

Ø    Social Responsibility Marketing

DIMENSIONS.CO pernah mengadakan CSR untuk menarik perhatian konsumen salah satunya menjadi donatur sebuah acara kemasyarakatan dengan menyumbang dana dan produk DIMENSIONS.CO alhasil respon masyarakat pun antusias dan mendapatkan respon yang positif.

Ø    Relationship Marketing

Pada relationship marketing DIMENSIONS.CO menggunakan cara seperti open reseller dengan itu akan tercipta peluang usaha yang cukup besar, dan lebih cepat mendapatkan keuntungan. Pada awalnya bisnis yang saya jalani sendirian kini memiliki reseller kurang lebih 5 orang yang saya percayai. Terbukti dengan konsep Relationship Marketing bisnis menjadi lebih maju.

Ø    Integrated Marketing

DIMENSIONS.CO lebih banyak menjual produknya secara offline ketimbang online dengan itu pemasaran, komunikasi, dan menyampaikan nilai produk menjadi lebih mudah ketimbang online. Tidak hanya itu produk kita juga bisa dilihat secara langsung oleh konsumen apabila penjualan secara offline, dan DIMENSIONS.CO juga memiliki kualitas yang bagus tidak kalah dengan brand yang lainnya.

 

 

Ø      Internal Marketing

Dalam internal marketing DIMENSIONS.CO memotivasi para karyawannya dengan cara reseller yang menjual baju terbanyak akan mendapat potongan harga retail. Dengan cara seperti itu akan memotivasi para reseller untuk berlomba lomba menjual baju sebanyak banyak  nya.

 

 

 

 

 

#stembi #manajemenpemasaran #bbs #holistik #tugasmanajemenpemasaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka :

Premanto, Gancar Candra (2010), Menuju Organisasi Spiritual, Warta Unair.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane (2006), Marketing Management, 12nd edition, Pearson Education, New Jersey.


0 komentar:

Posting Komentar

 

AULIA BLOG !! Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang