VoIP
VOIP singkatan dari (Voice Over Internet Protocol) atau biasa disebut digital phone merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP, seperti internet ataupun packet-switched networks. Dengan menggunakan VoIP, kita dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog. Beberapa layanan VoIP hanya bisa di gunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan layanan yang sama. Tetapi ada juga layanan VoIP yang dapat melakukan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon, lokal, jarak jauh, mobile phone bahkan nomor internasional.
CARA KERJA VOIP
VoIP mengkonversikan atau mengubah suara anda yang merupakan sinyal analog menjadi sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon konvensional yang mentransmisikan suara anda menggunkan sinyal listrik melalui kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus yang dinamakan VoIP adapter
Secara garis besar layanan VoIP dapat dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Computer to Computer
Layanan ini merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat komunikasi. Dengan menggunakan layanan khusus di internet kita bisa menggunakan komputer kita yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke komputer lain yang menggunakan layanan yang sama. Banyak penyedia layanan VoIP di internet. Salah satu layanan yang mendukung panggilan suara melalui internet adalah Yahoo messenger. Dengan menggunakan Yahoo messenger kita bisa melakukan voice call dengan sesama user. Begitu juga penyedia layanan lainnya, seperti MSN messenger ataupun Skype. Layanan VoIP computer to computer dapat dilakukan secara gratis, anda hanya cukup menyediakan koneksi internet pada komputer anda.
2. Computer to Phone
Layanan ini merupakan layanan yang memungkinkan kita melakukan panggilan dari komputer ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) ataupun mobile phone (handphone). Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Salah satu penyedia layanan ini adalah Skype. Layanan ini juga tidak gratis seperti layanan computer to computer VoIP, layanan ini membutuhkan biaya yang harus dibeli terlebih dahulu (sistem prabayar). Cara menggunakan layanan ini juga tidak sulit. Pertama, kita harus memiliki account di penyedia layanan terkait, biasanya membuat account tidak di pungut biaya. Lalu kita membeli credit atau bisa juga disebut pulsa, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan panggilan ke telepon. Panggilan yang dilakukan tidak hanya ke nomor telepon lokal, namun panggilan dapat dilakukan untuk menghubungi nomor internasional di seluruh dunia. Dan juga, kita dapat melakukan panggilan baik ke telepon tetap ataupun handphone. Tarif yang digunakan mengacu pada penyedia layanan.
3. Phone to Computer
Layanan VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan anda melakukan panggilan dari telepon ke komputer. Lagi-lagi penyedia layanan yang mendukung layanan ini salah satunya adalah Skype. Saat kita mempunyai account skype, kita juga dapat mempunyai apa yang di sebut Online Number. Online number inilah yang nantinya dapat di hubungi dari telepon manapun.
4. Phone to Phone
Layanan dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional yang di hubungkan dengan VoIP adapter. Untuk menggunakan layanan ini kita harus menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP. Salah satu penyedia layanan ini adalah Phone Power. Dengan layanan ini kita dapat melakukan panggilan kemana pun diseluruh dunia yang menggunakan alat yang mendukung.
Konfigurasi VoIP (asterisk)
Untuk membuat jaringan VoIP perlu dilakukan beberapa konfigurasi yaitu konfigurasi VoIP server dan VoIP client. Berikut ini akan dijabarkan mengenai konfigurasi pada di jaringan VoIP tersebut.
Konfigurasi VoIP Server
Konfigurasi dilakukan agar VoIP server dapat menyambungkan panaggilan dari client satu ke client lainnya. Agar dapat melakukan hal tersebut, diperlukan konfigurasi pada dua file dalam asterisk (aplikasi VoIP server) yang telah terinstall pada VoIP server. Dua file tersebut adalah sip.conf dan extention.conf.
sip.conf
Melalui file sip.conf yang terletak di /etc/asterisk/ ini kita dapat membuat account VoIP yang nantinya akan menjadi client dari server VoIP. Berikut ini merupakan contoh dari list untuk membuat account VoIP client :
[nurman] → inisialisasi awal dari account
type = friend → tipe dari VoIP client
username = nurman → username VoIP client
secret = rahasia → password yang dibuat
host = dynamic → alamat VoIP client bisa berubah
dtmfmode=rfc2833 → dtmf sesuai aturan rfc2833
Sebagai inisialisasi awal pembuatan account sip atau VoIP client, maka digunakan kurung siku ( [ ] ). Type adalah jenis dari account tersebut. Ada tiga macam jenis account, yaitu peer, user dan friend. Account dengan tipe peer, hanya dapat melakukan panggilan ke nomor VoIP lain tidak bisa menerima panggilan dari luar. Sebaliknya, apabila account memiliki tipe user, maka account tersebut hanya bisa menerima panggilan saja. Sedangkan tipe friend, account dapat menerima dan melakukan panggilan
KELEBIHAN & KEKURANGAN VOIP BETAMAX
Sebagai pengguna voip untuk berkomunikasi,tentu kita harus tahu kelebihan dan kekurangannya.
Voip pada produk-produk keluaran betamax memiliki kekurangan yaitu membutuhkan bandwith yang cukup besar yaitu minimal kecepatan bandwith 64 kbit/s.updown stream. atau dengan koneksi internet broadband
mungkin kurang bagus jika digunakan diindonesia, karena kecepatan bandwith diindonesia rendah.(tapi saya rasa jika dipakai dikorea,jepang,hongkong dan negara-negara yang instalasi internetnya sudah broadband tidak bermasalah.
Dan voip sangat mengandalkan kecepatan bandwith/koneksi internet yang kita pergunakan. Jadi,jika jaringan internet yang kita pergunakan sedang sibuk maka suaranya tidak jernih
Disamping itu tarif pada voip produk keluaran betamax tidak selamanya menggunakan tarif lama dan sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan.
PBX
PBX (private branch exchange) adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan jaringan lokal dengan trunk,
Trunk adalah penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk.
Awalnya, keuntungan utama dari sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan di karenakan tidak menggunakan pulsa dan menghindari tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat. Dari sini PBX mulai dikembangkan dan menjadi populer.
Fungsi :
- Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon dengan menggunakan nomer yang di tuju.
- Menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.
- Menjaga sambungan selama menggunakan telepon.
- Mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon.
- Layanan otomatis panggilan.
Cara Kerja PBX Dalam Server Softswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software. Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server, Sebuah software contohnya softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP PBX memiliki daftar semua ponsel sesuai SIP. Mereka dapat berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan gateway VoIP.
0 komentar:
Posting Komentar